Harga BBM Akan Berubah Lagi?

Antrian kendaraan di salah satu SPBU Batam

Pewartaekbis~ Kabar yang cukup melegakan bagi masyarakat Indonesia. Setelah beberapa kali naik turun, pada bulan Agustus mendatang harga bahan bakar minyak tak akan berubah. Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, setelah melakukan rapat koordinasi di kantornya.

“Rasanya sih enggak ada (perubahan). Kalaupun ada evaluasi, pada 1 Agustus nanti cuma statement aja bahwa tidak ada penurunan atau kenaikan,” sebut Sofyan seperti diwartakan Kompas.

Ada beberapa penyebab yang dijelaskan Sofyan sebagai alasan kemungkinan tidak adanya perubahan harga BBM di bulan Agustus 2015. Penyebab pertama ialah harga minyak dunia yang turun hingga di bawah 50 dollar AS per barrel sejak Juni lalu. Di perdagangan London misalnya, minyak mentah Brent North Sea untuk September berakhir pada 53,38 dollar AS per barrel.

Adapun penyebab kedua ialah nilai tukar rupiah yang terus-menerus mengalami pelemahan dan pemerintah juga masih memiliki utang ke PT Pertamina (Persero) sebagai penyalur BBM. Oleh karena itu, kemungkinan tidak akan ada penurunan harga BBM di bulan Agustus.

“Iya (kurs melemah), tapi kan ada penurunan crude internasional. Jadi kan kombinasi, penurunan harga crude, pelemahan rupiah, ada kerugian (Pertamina) yang artinya kemarin kita tidak mengikuti harga pasar sepenuhnya. Maka, ini perlu dikompensasi,” lanjut Sofyan.

Rate this article!
Tags:
author

Author: