Harga Rokok Mahal itu Salah Satu Isi FCTC

rokok

Jakarta~ Ternyata, Indonesia belum meratifikasi soal tembakau atau Framework Convention on Tobacco Control (FCTC). Hal itu dikemukakan oleh  Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Anhari Achadi.

Menurutnya, ada banyak instrument dalam FCTC yang bertujuan bagus.

“Bahwa pengendalian konsumsi melalui menaikan harga dan cukai itu juga salah satu instrument FCTC,” sebut Anhari dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat (27/8).

Tujuan FCTC menurutnya ialah untuk menyehatkan generasi muda. Menurutnya, harga yang mahal membuat tidak semua orang akan membeli rokok.

“Yang harus kita coba kendalikan dan cegah adalah perokok pemula dan orang tidak mampu. Kalau menaikan harga, perokok pemula dan orang tidak mampu itu tidak merokok,” imbuhnya.

Anhari menegaskan jika merokok tidak hanya mengganggu kesehatan. Kegiatan ini juga mengganggu dari sisi ekonomi, sosial, lingkungan dan lain sebagainya.

“Bayangkan 35 tahun sampai 50 tahun mendatang kita punya genersi sakit-sakitan, intelijensi rendah dan sebagainya sehingga mengganggu kualitas,” tandasnya seperti dikutip dari JPNN.

Tags:
author

Author: