Harga Susu Dunia Turun, Kenapa di Indonesia Justru . . .

susu kedelai

Pewartaekbis~ Tidak hanya minyak, harga susu dunia pun saat ini sedang turun. Di Eropa, harga satu liter susu di Eropa saat ini hanya US$ 1 per liter. Salah satu penyebabnya adalah produksi susu meningkat sementara permintaan susu dari China menurun. Sebagaimana diketahui, China merupakan pengimpor susu terbesar dunia.

Dijelaskan oleh Ketua Dewan Persusuan Nasional, Teguh Boedianto, susu hanya satud ari sekian produk yang turun harga.

Namun, Teguh menyebutkan juga jika kabar tentang turunnya harga susu dunia hanya dinikmati oleh industri. Alih-alih menikmati susu murah, konsumen Indonesia justru harus membayar ekstra karena posisi rupiah yang melemah sampai Rp 14.000/US.

“Harga bahan baku susu dunia turun ini yang menikmati adalah industri pengolahan susu. Kondisi ini menguntungkan pabrik susu yang 80% masih pakai bahan baku susu impor,” lanjutnya.

Teguh menjelaskan jika industri susu di Indonesia tidak menurunkan harga karena harus mensubsidi kebutuhan lain.

“Masyarakat nggak akan ngerti harga bahan baku susu di luar negeri sedang anjlok, karena di sini harga produk jual susu tetap alias nggak turun. Industri pengolahan susu memanfaatkan turunnya harga bahan baku untuk mensubsidi pengeluaran lain seperti biaya iklan. Terbukti harga jual produk susu di sini nggak turun kan,” imbuhnya. (sumber: detik.com)

Tags:
author

Author: