Hasil Autopsi Atas Bayi Fadhlan Sudah Diwartakan

Bayi malpraktek makassar

Makassar~ Akhirnya, hasil otopsi atas jenazah Fadhlan Khairy Al-Faiq diumumkan dihadapan publik. Fadhlan merupakan bayi prematur dari pasangan Fadli dan Rafika. Bayi malang ini meninggal dunia di RSIA Catherina Booth, 25 Oktober 2014.

Fadhaln lahir bersama adiknya Fayyadh Zafran Al-Faiq pada hari Selasa, 21 Oktober 2014 di Rumah Sakit Bunda. Di rumah sakit tersebut Fadhlan sempat dirawat di inkubator. Oleh karena kondisinya melemah, pihak rumah sakit merujuk si kecil ke RS Catherina Booth yang memiliki perlastan lebih komplit.

Di RS Catherina Booth inilah orang tua Fadhlan mengetahui jika ada luka semacam luka bakar di punggungnya. Dengan beberapa alasan lain, ia mencurigai ada malpraktek di yang dilakukan rumah sakit Bunda. Ia kemudian melaporkan rumah sakit Bunda Kepada Polsek Panakukang pada 29 Oktober 2014, beberapa hari setelah anaknya dimakamkan.

Kuburan Fadhlan kemudian digali kembali guna melakukan autopsi. Autopsi tersebut dilaksanakan oleh Bagian Forensik Polda Sulselbar di Taman Pemakaman Islam Sudiang pada 31 Oktober. Hasil autopsi, diumumkan siang tadi (7/11) oleh AKP dr Mauluddin Mansyur Sp.F yang menjabat sebagai dokter forensik RS Bhayangkara Polda Sulselbar . menurutnya, Fadhlan meninggal bukan karena luka bakar. Luka di punggung Fadhlan juga bukan luka bakar seperti yang diduga pihak keluarga.

“Hasil autopsi menyebutkan bahwa pada punggung bayi bukan karena luka bakar, tapi kelainan kulit Dermatitis Scald, seperti ruam akibat popok, penyebab umumnya bisa karena kain kurang bersih yang memungkinkan kulit bayi terpapar bakteri. Bukan karena trauma panas yang disebabkan inkubator,” begitu pemaparan AKP dr Mauluddin Mansyur Sp.F dalam keterangan pers- di Polsek Panakukang.

Tags:
author

Author: