Hasil Penelitian, Kota Bengkulu Jadi Kota Paling Bahagia

Ujian Nasional akan Dilaksanakan secara Online

Jakarta~ Maarif Institute melakukan penelitian unik dalam beberapa waktu terakhir. Dari penelitian yang dilakukan, Bengkulu dan Denpasar diketahui sebagai kota paling bahagia. Keduanya memilki nilai tertinggi, 100.

Nilai sempurna untuk Kota Bengkulu sempat dipertanyakan pasca tragedi pemerkosaan dan pembunuhan sadis Yuyun, Maarif Institute tetap memandang Bengkulu sebagai kota yang aman.

“Bengkulu dilihat dari amannya, terpenuhi. Hal ini dilihat dari adanya peraturan daerah (perda) tentang pertanggungjawaban pemerintah,” ungkap anggota tim statistik IKI Risni Julaeni Yuhan saat pemaparan hasil di Hotel Alia, Jakarta (17/5).

Menurut Yuhan, Bengkulu sukses melakukan pengawasan secara rutin terhadap Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK). Bahkan, ia menyebut jika pengawasan UMK Bengkulu sudah memiliki perda sendiri. Yuhan juga menyebut  jika perda-perda yang ada banyak yang dikeluarkan atas partisipasi atau perlibatan publik sebelum dibuat.

“Yang menjadi respon kita adalah lembaga/instansi. Karena kita melihat bukan dari kebijakannya saja tapi juga implementasinya seperti apa,” imbuhnya seperti diwartakan Kompas.

Setelah Bengkulu, kota paling bahagia secara urut ialah Metro, Semarang, Yogyakarta, Serang, Mataram, Pontianak, Palu, dan Bandung. Kota-kota ini mendapat skor Bahagia 87,5.

Tags:
author

Author: