Hati-Hati, Jangan Terlalu banyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Telur Mentah dan Setengah Matang

telur

Australia- Kasus salmonella baru-baru ini semakin melonjak meningkat. Sepanjang satu tahun terkahir ini sudah tercatat 329 kasus salmonella di Australia Selatan. Kasus salmonella ini terhitung meningkat jika dibandingkan satu tahun sebelumnya yaitu 252 kasus. Terkait hal tersebut, pihak Dinas Kesehatan Australia Selatan mengeluarkan peringatan tentang bahaya makanan yang mengandung telur mentah dan telur setengah matang.

Kepala staf medis di Australia Selatan, Profesor Paddy Phillips mengatakan, kasus salmonella yang tejadi kebanyakan berkaitan dengan produk telur mentah dan telur yang dimasak sebentar. Termasuk juga aioli, mayones, saus hollandaise dan tartar, omelette, orak-arik telur, serta makanan penutup tanpa olahan. Memang, membuat aioli dan mayones sendiri di rumah menjadi semakin populer dikalangan masyarakat Australia. Sebagian besar orang-orang bahkan sering membuat porsi besar untuk santapan selama beberapa hari.

Profesor Paddy mengatakan, risiko salmonella meningkat dari telur mentah yang digunakan dalam produk tersebut. Oleh karena itu, Ia menyarankan agar masyarakat membuat porsi kecil yang di buat saat akan disantap.

Profesor Paddy memaparkan, sekitar 15% dari pasien yang keracunan makanan akibat salmonella berakhir di rumah sakit. Adapun gejala yang mereka alami akibat salmonella ini, yakni demam, sakit perut, mual, muntah, diare dan umumnya merasa lesu dan lemah saat berdiri. Oleh karena itu, Ia menyarankan ketika membeli telur, pastikan telur yang dibeli tidak retak atau kotor. Selain itu, cucilah tangan setelah memegang telur karena mungkin ada salmonella pada kulit telur.

Tags:
author

Author: