Hati-Hati! Penjahat Cyber ‘Mengincar’ Data Anda

virus

Pewartaekbis~ Trend Micro menyebutkan jika terdapat evolusi di dunia kejahatan cyber. Evolusi dimaksud tidak  hanya terjadi pada metodenya, tetapi juga sarana, prasarana, dan sasaran.

“Di kuartal kedua tahun ini kami melihat adanya pergeseran peta ancaman keamanan seiring semakin canggih dan kreatifnya para penjahat cyber dalam memanfaatkan teknik lama untuk mendukung aksinya sehingga dampaknya lebih dahsyat lagi,” jelas Country Manager Trend Micro Indonesia, Andreas Kagawa (27/8).

Berdasarkan penjelasan Andreas, ada potensi kerusakan besar yang timbul akibat serangan cyber. Salah satu penyebabnya, saat ini aksi kejahatancyber telah merambah hingga ke pemanfaatan software bug untuk meretas pesawat terbang, kendaraan pintar, hingga acara stasiun televisi.

“Penyerangan juga terjadi accross industry. Dulu orang berpikir ancaman cyber hanya mengintai industri seperti bank atau telekomunikasi. Bahkan terjadi accross nation juga, serangan bisa dilakukan dari negara lain misalnya. Dan faktanya, kini sasarannya juga meluas dan dengan tujuan spesifik,” lanjutnya.

Di bidang kesehatan misalnya, banyak data yang ingin dicuri oleh peretas.

“Tujuannya jelas, dia mau curi data. Data rumah sakit itu kan lengkap. Gak hanya biodata pasien tapi juga dengan medical record-nya golongan darah dan segala macam,” imbuhnya.

Bahkan, pada kuartal dua tahun ini tercatat ada tiga serangan cyber yang menyasar bidang kesehatan. Kejadiannya di Amerika Serikat dan Jepang. Korbannya bahkan mencapai angka jutaan dengan kerugian yang tak sedikit.

Sumber: detik.com

Tags:
author

Author: