Hebat! Sebentar Lagi Pesawat Rancangan BJ Habibie Mulai Diproduksi

bj habibie

Pewartaekbis~ Kabar baik bagi Indonesia. Tahun 2016 prototipe atau purwarupa pesawat terbang rancangan Presiden ke-3 RI BJ Habibie rencananya akan mulai dibuat. Pesawat dimaksud diberi nama Regio Prop 80 (R80). Disebutkan Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI), Ilham Habibie, desain pesawat pertengahan tahun depan sudah selesai dikerjakan.

“Semoga pertengahan tahun depan sudah tuntas semua (desainnya) sehingga pertengahan tahun depan kami sudah mulai membuat prototipe (purwarupa). Masih lama dari segi desain,” sebut Ilham seperti diwartakan Kompas.

Saat ini, Ilham menyebutkan jika pihaknya masih dalam tahap pembuatan desain awal R80. Mereka juga tengah melakukan proses pemilihan komponen utama, seperti mesin dan sistem pengendalian pesawat. Direncanakan, pesawat yang akan menjadi kebanggaan baru bagi Indonesia ini siap mengudara pada tahun 2021.

Meski baru dalam tahap persiapan dan harga resminya belum dirilis, ternyata sudah ada tiga perusahaan yang memesan pesawat rancangan BJ Habibie ini. Perusahaan dimaksud ialah Kalstar Indonesia, Nam Air dan Trigana Air. Tidak tanggung-tanggung, total pemesanan mencapai 145 unit.

Disebutkan Ilham, pesawat R80 memiliki banyak keunggulan. Salah satunya hemat dalam penggunaan bahan bakar.

“Saya lihat biaya pengoperasian pesawat 30-50 persennya terkait bahan bakar, jadi mesin sangat menentukan. Kemajuan lain pesawat ini bisa juga di aerodinamika, kenyamanan kabin, material lebih maju, tapi yang paling penting lebih hemat 10-15 persen dibanding pesawat ATR,” lanjutnya.

Tags:
author

Author: