Hore! Parlemen Australia Tolak RUU Pernikahan Sejenis

45pernikahan

Australia – Kabar apik datangd ari Australia. Setelah melalui beragam proses, akhirnya Parlemen Australia menyatakan penolakannya terhadap rancangan undang-undang (RUU) pernikahan sesama jenis. Artinya, RUU ini tidak akan menjadi landasan hukum digelarnya referendum pada 2017.

 “Karena ditolak isu pernikahan sesama jenis tidak akan diperkenalkan kembali ke parlemen sampai setelah pemilu berikutnya, yang dijadwalkan sebelum November 2019,” sebut Perdana Menteri Malcolm Turnbull Turnbull, seperti dilansir dari merdeka.com (11/10).

Untuk diketahui, RUU pernikahan sejenis diwacanakan koalisi partai Liberal dan Nasionalis yang dipimpin PM Turnbull. Adapun motor penolakan RUU pernikahan sejenis di Australia adalah Partai Buruh.Setelah dilakukan pemungutan suara di parlemen awal pekan ini, beleid tersebut hanya mendapatkan dukungan mayoritas di majelis rendah, tetapi gagal memperoleh suara mayoritas di majelis tinggi.

Seoramh profesor ilmu politik Flinders University di Adelaide, Haydon Manning, menerangkan asumsinya jika penolakan RUU ini dapat berpengaruh pada popularitas PM Turnbull di kalangan pemilih pro-LGBT.

“Jika hal seperti ini terus berlanjut dan nomor jajak pendapat Turnbull belum membaik, Turnbull akan menemukan dirinya berada di bawah tekanan dari dalam partainya sendiri,” terang Manning.

Tags:
author

Author: