Ilham Habibie Berbagi Tips Sukses untuk Anda

rupiah

Ilustrasi

Jakarta~ Salah satu anak bangsa yang merai sukses di dunia internasional ialah lham Akbar Habibie. Alumni University Munich ini merupakan Direktur PT ILTHABI Rekatama.  Saat ini ia bahkan masuk daftar 150 orang terkaya Indonesia dengan nilai kekayaan mencapai US$ 225 juta atau setara dengan Rp 2,94 triliun (Kurs Rp 13.088 per dolar).

Dalam sebuah wawancara, Ilham Habibie menuturkan beberapa kiat agar meraih sukses. Kiat pertama adalah sabar dan pantang menyerah. Menurutnya, setiap orang tidak bisa selamanya sukses, karena apa yang dilakukannya mungkin saja gagal.

“Kegagalan tidak membuat Anda tidak percaya diri, tapi harus membangkitkan semangat Anda untuk mencoba lagi,” ungkapnya.

Kiat kedua adala belajar untuk mandiri. Ia mengisakan dirinya yang terbiasa hidup mandiri di Jerman sejak usia belia. Di sana, ia bakan arus memasak, menyapu, hingga berbelanja.

“Bahkan saya kalau ada masalah, cari solusi sendiri,” lanjutnya.

Kiat ketiga yang dikemukakan Ilham ialah soal kedisiplinan. Ia mengaku banyak belajar dari teman-temannya di Jerman. Menurutnya, orang Jerman sangat disiplin.

“Jika waktu kerja dia kerja, ga bakal ngobrol atau sejenisnya,”  lanjutnya.

Kiat terakhir untuk sukses versi Ilham ialah kepercayaan diri.Ia bercerita bagaimana saat dia bersekolah sebagai satu-satunya orang Indonesia, bahkan Asia di sekolahnya.

“Saya merasakan bagaimana hidup di masyarakat sebagai seorang minoritas,” bebernya seperti dikutip dari liputan6.com.

Tags:
author

Author: