Imbaun Kementerian Luar Negeri Terkait Insiden Mina

haji

Mekah~ Kembali terjadi lagi musibah memilukan dalam pelaksanaan haji tahun ini. Sebagaimana diwartakan sejumlah media, insiden dimaksud ialah wafatnya ratusan jamaah haji di Mina, Arab Saudi.

Terkait dengan insiden ini, Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal mengharap masyarakat tidak berspekulasi. Pasalnya, hingga saat ini hasil belum ada publikasi resmi tentang hasil investigasi dari otoritas Pemerintah Arab Saudi.

“Sebaiknya kita tidak berspekulasi mengenai penyebab kejadian. Berikan kesempatan kepada Pemerintah Saudi untuk menuntaskan investigasi yang mereka lakukan, sambil memberi fokus pemberian penanganan terbaik kepada korban,” sebut Iqbal melalui pesan singkat (25/9).

Sebagaimana diwartakan Kompas, Pemerintah Arab Saudi saat ini sedang membentuk tim investigasi khusus untuk mengetahui penyebab pasti kejadian memilukan di Mina. Hasilnya akan diserahkan langsung kepada Raja Salman.

Sebelumnya, otoritas Pemerintah Arab Saudi mempublikasikan jumlah korban tewas tercatat mencapai 717 orang. Adapun korban luka akibat peristiwa ini mencapai 863 orang. Namun, hingga berita ini ditulis belum ada info resmi selanjutnya mengenai nama dan kewarganegaraan jamaah yang menjadi korban dalam insiden tersebut.Kabarnya, iidentitas korban baru akan disampaikan secara resmi usai proses identifikasi.

Meski demikian, KBRI terus berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan otoritas terkait Arab Saudi untuk terus memperbaharui data WNI yang menjadi korban. Terakhir, disebutkan jika WNI yang menjadi korban tewas ada tiga dan yang kondisinya kritis satu orang.

Tags:
author

Author: