Indonesia belum “Pasti” membeli Pesawat Sukhoi

sukhoi

Bandung~ Ternyata Indonesia belum pasti membeli 10 unit pesawat tempur jenis Su-35 (NATO: Flanker-E) buatan Sukhoi dari Rusia. Hal itu dikemukakan oleh Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, TB Hasanuddin. Ia bahkan mengatakan jika Indonesia akan membeli pesawat lain jika memang lebih canggih.

“Kalau mungkin ada yang lebih bagus dari Sukhoi, lebih murah dan secara politis lebih baik, ya bisa jadi diubah,” terangnya di Kompleks Universitas Padjajaran, Bandung (31/5).

Meskipun demikian, Hasanuddin mendapat informasi bahwa Indonesia dan Rusia masih terus berkomunikasi soal rencana pembelian itu. Apabila mengubah pilihan pesawat tempur, TB menampik disebut telah mengabaikan keinginan TNI.

“Tidak juga. TNI juga punya alternatif lain kok. Pertama itu memang Sukhoi, kedua ini, ketiga ini. Jadi tidak soal jika diubah,” sebutnya seperti diwartakan Kompas.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa pemerintah Indonesia berniat membeli 10 unit pesawat tempur jenis Su-35 buatan Sukhoi dari Rusia.Ia juga  juga menjelaskan bahwa pembelian kesepuluh Su-35 untuk TNI-AU tersebut akan dilakukan bertahap.

Tags:
author

Author: