Indonesia Dilirik 2 Bank Asal Iran

Iran

Jakarta~ Ada banyak pihak yang tertarik untuk berinfestasi di Indonesia, salah satunya dari Iran. Berdasarkan keterangan Menteri Perekonomian dan Keuangan Iran Ali Taibnia, ada dua bank asal negaranya yang ingin berinvestasi di Indonesia.

“Telah ada dua bank dari Iran yang ingin melakukan investasi di sektor perbankan Indonesia, mereka adalah Bank Saman dan Bank Parsian,” sebut Ali Taiebnia di Jakarta (19/5).

Menurutnya, kedua lembaga keuangan dimaksud ingin  membangun bank baru atau bahkan membeli sebagian saham bank yang ada di Indonesia. Investasi ini antara lain ditujukan untuk membangun sistem kerja sama yang baik di bidang perbankan kedua negara.

“Tentu saja tujuan lain adalah agar dapat juga memajukan dan mempercepat perkembangan hubungan perekonomian antara kedua negara,” lanjutnya

Untuk membahas lebih lanjut tentan investasi ini, Kamis (19/5) mendatang Ali Taiebnia direncanakan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta.

“Selama ini proses komunikasi yang begitu erat telah dilakukan terkait sistem perbankan ini, di mana titik awalnya adalah mengadakan hubungan koresponden perbankan antara Indonesia dan Iran. Kami ingin dan sangat berharap sistem perbankan kedua negara dapat bekerja sama,” ungkapnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan Indonesia akan membuka kembali hubungan perbankan dengan Iran. Pernyataan ini disampaikan setelah mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di sela KTT Luar biasa OKI, pada 3 Maret 2016.

Rate this article!
Tags:
author

Author: