Industri yang Doubel Digit Itu Kelautan dan Pariwisata

laut

Sochi – Banyaknya wisata Inonesia yang bertema kelautan membuat sektor kelautan Indonesia memiliki hubungan erat dengan sektor pariwisatanya. Untuk meningkatkan kualitas SDM nya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia akan mulai menjalin kerjasama dengan bberapa universitas di Rusia.

Dilansir dari Detik.com, KKP akan mengirim PNS ke Rusia untuk belajar atau mendatangkan tenaga pengajar ke Indonesia. Langkah ini merupakan langkah KKP dalam menjajaki kerja sama dengan Sochi University untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan, Rifky Effendi Hardijanto, di Sochi, Rusia, Jumat (20/5/2016) mengatakan, pihaknya menjajaki kerja sama dengan Sochi State University dan universitas lain yang terkait dalam kunjungan pertamanya.

Dalam kunjungan ini, Universitas Sochi menawarkan bantuan kepada KKP untuk menghubungkan kita dengan institusi pendidikan yang lebih spesifik. Sementara Universitas Sochi sendiri punya salah satu jurusan marine engineering yang cukup maju. Begitu juga pariwisata dan sosial ekonominya.

“ Potensi kerja sama ini ke depan terkait SDM,” kata Rifky.

Menurutnya, sektor industri yang bisa tumbuh double digit adalah kelautan dan pariwisata. Oleh karena itu, pengembangan SDM dalam KKP ini dilakukan untuk mengembangkan daerah pesisir dengan menggabungkan antara kelautan dengan pariwisata.

“Bisa dibayangkan kalau itu digabung. Arahan dari Ibu Menteri (KP, Susi Pudjiastuti) kami minta ada pelatihan. Bisa juga kami fasilitasi supaya Rusia datang. Sekalian kami minta akses pasar ke Rusia, dan ke institusi yang berhubungan erat dengan perikanan,” jelas Rifky.

Tags:
author

Author: