Ini Alasan Pemerintah Impor Daging Sapi “Lagi”

daging

Jakarta~ Jelang Ramadhan, akhirnya pemerintahan Jokowi memutuskan untuk mengimpor daging sapi. Seperti diwartakan liputan6.com, kebijakan ini diambil  untuk menekan harga daging sapi yang biasa naik saat puasa dan lebaran.

Namun, daging impor ini hanya untuk menutupi kebutuhan di Jabodetabek dan Jawa Barat di bulan suci Ramadhan. Selain daging sapi,  Menter‎i Perdagangan Thomas Lembong menyebutkan jika pemerintah juga akan mengimpor beberapa komoditas lain.

“Kita impor bawang merah, sama daging sapi, gula. Terus terang menurut saya rutin tiap tahun kan impor, mungkin importasi khusus puasa,” sebutnya di Gedung Bank Indonesia, Jakarta (2/6).

Selain untuk membuat harga daging sapi lebih murah, impor daging ditujukan untuk mendorong iklim perdagangan yang lebih kompetitif.

‎”Yang berbeda kan khusus daging sapi, tahun lalu keputusan importasi harus melalui BUMN. Sekarang kita putuskan lebih lebar, bukan artinya lebih luas, kita buka sedikit lebih lebar sehingga semua pihak bisa bergerak. Seperti Presiden menginginkan kompetisi lebih banyak pihak, supaya kita memberikan solusi ramah pasar‎,” kata Thomas.

Ia mengaku tidak khawatir kebijakan tersebut akan menghantam para peternak lokal. Alasannya, kebijakan ini hanya untuk memenuhi kebutuhan Jabodetabek dan Jawa Barat saja.

“Jadi tetap dengan contoh daging sapi, dengan impor sapi hanya untuk wilayah Jabodetabek, Jawa Barat. Karena di luar Jabodetabek dan Jawa Barat biasanya sudah swasembada sapi. Jadi kalau kita ngomong impor sapi keprihatinan kita terhadap peternak sapi,” tandasnya.

Tags:
author

Author: