Ini Alasan Sekolah Mengemudi Tak Diwajibkan di Indonesia

ojek

Pewartaekbis~ Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 77 ayat 3 menyebutkan bahwa untuk bisa mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) di jalan raya, masyarakat boleh tidak melalui lembaga pendidikan mengemudi atau belajar sendiri.

Analis Kebijakan Madya Bidang Dikmas Korlantas Polri, Kombes Pol Unggul Sedyantoro, menyebutkan jika hal itu karena sekolah mengemudi yang ada di negeri ini belum rapi.

Karena sekolah mengemudi di kita belum tertata dengan rapi. Ke depannya, kita harus memperbanyak sekolah mengemudi dan memang ke depannya prosesnya akan seperti itu,” sebutnya beberapa wkatu lalu seperti diwartakan otomania.com.

Unggul juga menyatakan jika sekolah pengemudi memang bukan wewenang pihak kepolisian, tapi swasta. Wewenang kepolisian hanya memberikan akreditasi yang berkaitan dengan instruktur dan beberapa komponen lain.

“Mengenai izinnya seperti mendirikan tempat kursus lain, yakni ke Pemda masing-masing. Setelah orang tersebut belajar mengemudi di sekolah mengemudi, nanti untuk mendapatkan SIM baru diuji di kepolisian. Di sekolah mengemudi juga tidak bisa mendapatkan SIM,” lanjutnya.

Tags:
author

Author: