Ini Alasan Setnov Laporkan Sudirman Said ke Polisi

hukum

Jakarta~ Panggung politik negeri ini benar-benar panas. Ketua DPR Setya Novanto, yang diduga melakukan pencatutan nama presiden dan wapres, resmi melaporkan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said ke Bareskrim Mabes Polri. Sebagaimana diketahui, Sudirman merupakan pelapor dugaan pencatutan nama oleh Novanto.

Sudirman dilaporkan terkait dugaan pencemaran baik. Menurut kuasa Setnov, Firman Wijaya, kliennya terpaksa harus mengambil langkah hukum lantaran merasa disudutkan atas kasus ‘papa minta saham’. Kasus tersebut tengah ditangani Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) juga di Kejaksaan Agung.

“Pak Setya Novanto merasa disudutkan,” sebutnya kepada awak media (10/12).

Firman Wijaya juga menuturkan jika Setnov pada awalnya akan mengikuti segala proses hukum di MKD maupun Kejagung. Akan tetapi, ia tak tahan dengan sikap Sudirman Said. Oleh karenanya, Ketua DPR memutuskan untuk mengambil langkah hukum.

“Ya, itu sih semata-mata karena sikap Sudirman Said sendiri,” lanjut Firman.

Langkah setnov mendapat dukungan dari Ketua DPP PAN, Yandri Susanto. Dukungan tersebut diberikan bukan lantaran Yandri membela Setnov, tetapi miamelihat kasus itu harus dibuka secara lebar. Sehingga orang-orang yang terlibat bisa diselidiki lebih optimal. Menurutnya, Setnov harus menjelaskan  substansi dari laporan tersebut.

“Pak Nov jelaskan dimana fitnahnya, pencemaran nama baik dimana. Saya kira bagus buka jalur kebenaran,” terangnya.

Kepada Bareskrim Polri, Yandri berharap instansi tersebut bisa bekerja sesuai fakta dan tidak terpengaruh dengan ada tidaknya intervensi.

”Polisi harus bekerja profesional,” tandasnya.

Tags:
author

Author: