Ini Beberapa Catatan UNODC yang Mengundang Kehawatiran Masyarakat Dunia

unodc

Pewartaekbis- Merajalelanya organisasi kriminal transnasional bandar narkoba ini semakin memperburuk masa depan generasi muda. Penyalahgunaan narkoba yang terjadi semkin hari makin menghawatirkan. Merajalelanya penyalahgunaan narkoba kini telah menjadi ancaman global, khususnya negara-negara Asia Afrika.

Hal ini sebagaimana telah diwanti-wantikan The World Drug Report 2014 yang diterbitkan Kantor PBB Urusan Narkoba dan Kejahatan (UNODC) bahwa di belakang bisnis haram narkoba ada kekuatan organisasi kriminal transnasional. Dilansir dari detik.com, beberapa fakta yang tercatat oleh UNODC dan yang perlu turut kita khawatirkan antara lain :

1. Muncul produksi gelap metafetamin (shabu) di Afrika Barat dan Tengah, dan Asia Barat Daya.

2. Asia Timur telah menjadi pasar yang besar bagi metafetamin. Barang haram tersebut sebagian dari berasal dari dalam kawasan setempat, sebagian lagi dari Afrika Barat dan Timur, dan Asia Barat Daya.

3. Tempat-tempat rehabilitasi pengguna amfetamin (ATS), seperti ekstasi dan metafetamin, terus tumbuh di Kawasan Asia dan Oceania, yang mengindikasikan jumlah pecandu yang terus meningkat.

4. Penanaman illegal kanabis (ganja) semakin merajalela di Kawasan Asia dan Afrika. Situasi ini membuat Negara-negara Afrika harus mengeluarkan perhatian ekstra untuk merehabilisasi para pecandunya.

5. Afrika Timur telah menjadi transit bagi pergadangan gelap heroin dengan tujuan Eropa, bersamaan dengan itu heroin juga diperdagangkan secara illegal ke Asia Tenggara dan Asia Timur.

6. Rehabilitasi pecandu heroin telah menjadi keprihatinan utama di Asia secara keseluruhan, sementara itu bagian Selatan dari Afrika menyaksikan peningkatan rehabilitasi bagi pecandu heroin.

Tags:
author

Author: