Ini Besaran Bantuan Untuk Nepal Dari Pemerintah Indonesia

bntuan

Jakarta: Gempa yang terjadi di Nepal yang terjadi Sabtu kemarin memakan korban hingga 3.200 jiwa. Diperkirakan jumlah korban pun akan terus bertambah karena gempa susulan yang terus terjadi. Saat ini, ribuan anak-anak korban gempa Nepal sangat membutuhkan bantuan secepatnya. Tak hanya itu, mereka pun juga berisiko terancam terkena penyakit. Hal ini dikarenakan, akses air bersih dan sanitasi layak yang tersedia sangat terbatas.

Presiden Joko Widodo, mengimbau agar bantuan untuk korban bencana gempa bumi Nepal segera didisitribusikan. PMI mengaku siap atas imbauan pemerintah tersebut. Oleh karena itu, dalam waktu dekat PMI akan mengirim dua ahli untuk bergabung bersama timassestment guna mengetahui bantuan apa yang dibutuhkan.

Rencananya, dua ahli tersebut akan diberangkatkan dalam satu atau dua hari ke depan. Dan jika sudah diketahui kondisi disana, PMI akan segera mengrimkan tim bantuan. Untuk bantuan korban bencana gempa bumi Nepal ini, pemerintah Indonesia telah menyiapkan dana sebesar USD1 juta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Harian Palang Merah Indonesia (PMI) pusat, Ginanjar Kartasasmita. Ginanjar mengatakan, jumlah tersebut ditetapkan atas perintah Ketua PMI, yakni Wakil Presiden, Jusuf Kalla. Ginanjar mengungkapkan, bantuan USD1 juta tersebut diluar alokasi obat-obatan. Adapun terkait bentuk bantuan yang akan disumbangkan, Ginanjar belum tahu secara pasti.

Tags:
author

Author: