Ini Cara Alami Turunkan Kolesterol

mars

Pewartaekbis – Pola hidup tidak sehat seperti gemar makan makanan yang tinggi kolesterol dan malas berolahraga bisa menyumbang semakin meningkatnya kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi bisa dialami seseorang karena faktor genetika dan karena gaya hidup. Tak hanya itu, penyakit jantung dan stroke juga menghantui mereka yang berkolesterol tinggi. Ketika kolesterol sudah dianggap tinggi, umumnya dokter akan memberikan obat statin. Namun ada beberapa cara alami yang dapat kita lakukan untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

1. Managemen Stres

Menurut dr Iwan Surjadi Handoko dari Kalbe Nutritionals dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (25/9/2015) mengatakan, managemen stres yang baik bermanfaat dalam membantu menjaga kadar kolesterol darah.

Ketika stres terjadi berkepanjangan, tubuh akan beradaptasi dengan membuat kolesterol lebih banyak dalam upaya meningkatkan produksi hormon stres tersebut. Sedangkan pada saat stres akut, tubuh melepaskan hormon yang disebut adrenalin. Adrenalin menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah meningkat. Alhasil tekanan pada jantung akan meningkat.

2. Batasi Asupan Lemak

Asupan lemak jenuh yang dianjurkan tidak lebih dari 7 persen dari total asupan kalori per hari. Perlu diingat, kolesterol bisa meningkat jika makanan yang kita makan digoreng menggunakan minyak yang telah dipakai berkali-kali atau minyak yang sangat panas.

3. Hindari Kebiasaan Merokok

Merokok meningkatkan produksi LDL (low-density lipoprotein) yang merupakan kolesterol jahat, dan mengurangi produksi HDL (high-density lipoprotein) yang merupakan kolesterol baik.

4. Perbanyak mengonsumsi Makanan Penurun Kolesterol

Konsumsi makanan yang bersahabat dengan kolesterol bisa menjadi cara alami untuk menurunkan dan menjaga kolestorol tetap stabil. Untuk menurunkan kolesterol, dibutuhkan 5-15 gram serat larut. Ini bisa didapat dari konsumsi 5 porsi sayur dalam sehari

Rate this article!
Tags:
author

Author: