Pusing, Berfikir Negatif Terus? Usir dengan Ini

muntaber

Pewartaekbis- Berfikiran negatif hampir setiap orang mengalaminya. Namun, menjadi kebiasaan atau tidaknya tergantung bagaimana masing-masing pribadi menyikapinya.

Sebagian dari kita terkadang berusaha untuk melawan pikiran-pikiran negatif yang berkecamuk di kepala kita. Namun, sebenarnya melawan atau menolak berfikir akan suatu hal justru dapat memperkuat pola berpikir. Semakin anda mencoba untuk tidak berpikir tentang sesuatu, semakin anda benar-benar berpikir tentang hal itu. Oleh karena itu, ada beberapa tips agar anda benar-benar terbebas dari pikiran negatif.

1. Mengubah bahasa tubuh
Bahasa tubuh yang buruk dapat menurunkan citra diri, yang dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan diri.

2. Bicarakan keluar
Jika anda memiliki sesuatu yang perlu segera ditangani, anda harus berbicara dengan seseorang. Sebab, tidak baik menyimpan masalah sendirian. Dengan menempatkan apa yang ada di pikiran dalam bentuk kata-kata, akan dapat membantu meletakkan segala sesuatu ke dalam perspektif sehingga mempermudah menemukan akar masalahnya.

3. Luangkan satu menit menenangkan pikiran dari semua pikiran
Saat segala sesuatu seperti berlomba di kepala anda, akan menjadi sulit untuk mengendalikan pikiran yang muncul, terutama pikiran negatif. Cobalah memperlambatnya, dengan semacam meditasi singkat. Terkadang, satu menit ketenangan itulah yang diperlukan.

4. Mengubah kalimat berpikir
Lihatlah sudut pandang anda pada hal-hal yang terjadi di sekitar anda. Kadang-kadang pikiran negatif adalah hasil dari perspektif yang buruk kita akan sesuatu.

5. Jadilah kreatif
Cari penyaluran untuk mengeluarkan hal-hal kreatif di pikiran anda. Selama anda menggunakan kreativitas anda untuk mengeluarkan pikiran negatif, maka hal tersebut dapat bekerja. Karena, saat kita mengeluarkan ide-ide kreatif kita merasa senang, dan pikiran negatif pun perlahan-lahan akan terkesampingkan dengan sendirinya.

6. Berjalan-jalan
Menghindari lingkungan negatif dapat sangat membantu, dengan memanfaatkan waktu untuk berjalan-jalan sendirian menjauhi suasana sehari-hari. Pergi ke suatu tempat yang dapat mengangkat suasana hati seperti taman atau museum.

7. Mulai membuat daftar apa yang kita  syukuri
Buat daftar semua hal yang patut disyukuri, mulai dari yang terkecil sekalipun. Sebab, terkadang hal-hal baik dalam hidup kita terjadi tepat di depan wajah kita dan kita masih gagal untuk melihatnya.

Demikian 7 hal yang dapat dilakukan untuk menghalau pikiran negatif yang hinggap di kepala kita. Dan jangan lupa teruslah mengingat hal-hal positif yang kita miliki  sebagai tameng untuk meminimalisir pengaruh negatif terhadap diri kita.

Tags:
author

Author: