Ini, Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir

jaln

Pewartaekbis- perawatan untuk bayi yang baru lahir memang tidak mudah. Demi menjaga kebersihan dan kesehatan bayi agar terhindar dari penyakit berbahaya, kita perlu mengetahui titik penting perawatan bayi. Selain dikarenakan bayi yang baru lahir masih beradaptasi dengan suhu sekitarnya, bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap banyak penyakit. Di bawah ini beberapa bagian tubuh bayi yang perlu diperhatikan dan dijaga kebersihannya.

1.    Tali Pusar
Perawatan menggunakan alkohol dan penutupan tali pusar sudah tidak dianjurkan lagi, perawatan cukup menggunakan air matang dan biarkan tali pusar tetap terbuka. Usahakan tali pusar tetap kering, untuk mengelap bisa menggunakan tissue atau kain kasa steril.

2.    Mata
Untuk membersihkan tahi mata, gunakan kapas steril yang dibasahi air matang. Selalu gunakan satu kapas steril untuk tiap mata.

3.    Kulit
Lap bagian tubuh yang banyak keringat dengan kapas yang dibasahi air hangat atau tisu basah non-alkohol. Lakukan sesering mungkin pada bayi yang banyak biang keringat, terutama di daerah-daerah lipatan.

4.    Kulit Kepala
Usahakan kulit kepala tetap sejuk dan kering. Bersihkan cradle crap atau kerak di kulit kepala dengan air matang atau boleh juga menggunakan baby oil, diamkan kira-kira 10-15 menit, lalu pijat secara lembut, dilanjutkan dengan pencucian.

5.    Rambut
Untuk menjaga kebersihkan rambut bayi, cuci rambut bayi dua kali dalam seminggu.

6.    Hidung
Bagian dalam hidung punya daya pembersih sendiri dan tak perlu perawatan khusus. Jika ada cairan atau kotoran yang keluar, bersihkan bagian luarnya. Jika bayi punya banyak lendir karena pilek sehingga menghambat pernapasan, sedot keluar dengan cara mengisapnya oleh ibu secara lembut atau dengan aspirator hidung bayi. Tutup sebelah lubang hidung dengan jari, lalu isap sebelahnya. Begitu bergantian.

8.    Telinga
Daun telinga dapat dibersihkan tiap kali memandikan bayi. Gunakan cotton buds atau kapas yang dibasahi air hangat. Lakukan secara lembut.

9.    Kuku
Untuk mencegah kuku-kuku bayi menggores bagian-bagian yang membahayakan, tutuplah dengan sarung tangan saat bayi sedang tak diawasi. Pengguntingan kuku bayi dapat dilakukan saat ia tidur atau kala terbangun.

10.    Bokong
Untuk mencegah ruam popok pada bokong bayi, sebaiknya mempertahankan area ini tetap kering dan bersih.  Jangan gunakan diapers sepanjang hari. Cukup saat tidur malam atau bepergian.

Tags:
author

Author: