Ini Cara Rusia dan Korea Akan Peringati 70 Tahun Hari Kemenangan Negara

kim

Korea Utara – Para investor Rusia telah menyetujui menanamkan investasinya kepada Korea Utara. Investasi senilai US$25 miliar tersebut ditunjukkan untuk tambahan dana untuk pembangunan infrastruktur dasar sistem rel kereta di Korea Utara. Rusia dan Korea Utara telah menjadi sasaran sanksi dari Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa. AS dan Inggris berusaha memanfaatkan konflik Ukraina, dalam upaya mengisolasi Rusia.

Sementara Korea Utara adalah sasaran sanksi PBB. Selain masalah uji nuklir, catatan pelanggaran HAM Korut juga didiskusikan di PBB. Pemimpin Korut Kim Jong Un, terancam diajukan ke Pengadilan Pidana Internasional (ICC).

Hubungan kedua negara tersebut bagi Pyongyang, Moscow memiliki andil yang cukup penting untuk menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB. Sementara bagi Rusia, alasan utamanya adalah ekonomi. Sebagaimana dikutip The Telegraph, Rabu, 11 Maret 2015 menyebutkan bahwa, Korea Utara (Korut) dan Rusia menyatakan 2015 sebagai tahun persahabatan bilateral.

Keduanya sama-sama memperingati hari kebebasan negaranya, bagi Korea Utara tahun ini adalah 70 tahun peringatan pembebasan Korea dari penjajahan Jepang. Sementara bagi Rusia, tahun ini adalah 70 tahun peringatan kemenangan dalam Perang Patriotik. Sebagai peringatan kedua negara akan mengadakan serangkaian pertukaran budaya, kerja sama politik, dan ekonomi. Pengumuman yang dibuat Pyongyang ini dipandang sebagai indikasi terbaru, terjalinnya hubungan yang lebih erat kedua negara tersebut.

Tags:
author

Author: