Ini Dia, Cara Perawatan Rantai Motor yang Ampuh

rantai motor

Pewartaekbis– Anda yang biasa mengendarais epeda motor tentu faham jika salah satu komponen yang sangat penting bagi sepeda motor adalah rantai. Sebagai bagian dari sistem penggerak utama, rantai berfungsi untuk  mentransfer tenaga mesin ke roda belakang agar motor bergerak. Namun, tahukah Anda apa yang harus diperhatikan dari rantai motor? Ini jawaban Ujang, mekanik bengkel JM Jatiwaringin, Jakarta Timur.

“Perawatannya mulai dari menjaga kekencangan hingga menjaga kebersihan bagian rantai sendiri seperti memberi pelumas khusus. Terutama saat cuaca hujan seperti sekarang ini, rentan membuat rantai tertempel kotoran,” sebutnya seperti disebutkan Otomania

Pemilik sepeda motor juga disarankannya untuk dapat mendeteksi tanda-tanda jika rantai sudah tidak dalam kondisi prima. Indikasi dimaksud dapat diketahui lewat ciri fisiknya, misalnya sudah terlihat karat. Selain itu, suara yang mengganggu atau laju motor jadi bergetar juga menjadi cirri rantai harus segera diganti.

“Bisa terjadi karena perawatan yang salah membuat rantai cepat rusak serta pemakaian sepeda motor sembarangan. Jika sudah seperti ini mau tidak mau harus mengganti dengan rantai yang baru,” imbuhnya.

Tags:
author

Author: