Ini Dia, Fasilitas Layanan Terbaru Dari PT Kereta Api Indonesia

ekios

Jakarta – PT Kereta Api Indonesia berencana kini mengeluarkan fasilitas layanan terbaru mereka electronic kiosk (E-Kiosk). E-Kiosk merupakan layanan pembelian tiket kereta api berupa vending machine. Jadi, penumpang bisa langsung membayar setelah melakukan pemesanan, baik dengan kartu ATM ataupun uang tunai.

Fasilitas pelayanan yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang bekerjasama dengan PT Finnet Indonesia, yang merupakan anak usaha PT Multimedia Nusantara (Telkom) dan Bank Indonesia bisa menggunakan kartu ATM yang memiliki kerjasama dengan jaringan Alto seperti Bank Danamon, BTN, Bank CIMB Niaga, Bank Permata dan sebagainya.

Lebih detailnya untuk penggunaan vending machine ini, calon penumpang terlebih dahulu memilih penggunaan bahasa. Dilanjutkan dengan mengisi data perjalanan pada layar, calon penumpang bisa memanfaatkan keyboard pada ATM ataupun layar sentuh untuk memasukan rencana perjalanan terkait tanggal, rute perjalanan, stasiun asal dan stasiun tujuan yang dikehendaki, dilanjutkan dengan memasukan data jumlah penumpang.

Kedua, setelah semua data yang diminta terisi, teruskan tahapan reservasi dengan memilih tombol proses. Setelah keluar pilihan jadwal kereta api sesuai dengan rute tujuan, calon penumpang tinggal memilih tombol booking yang sejajar dengan jadwal kereta api.
Kemudian, masuk pada tahap reservasi, dimana calon penumpang diminta memasukan data calon penumpang. Seperti, nama lengkap, nomor identitas, dan nomor Hp.

Selanjutnya, calon penumpang akan diminta memilih lokasi tempat duduk yang diinginkan. Setelah menentukan tempat duduk akhir proses reservasi dengan menekan tombol proses. Tempat duduk yang dipilih, akan menunjukkan warna biru. Sementara tempat duduk yang sudah terisi akan ditandai dengan warna merah.

Setelah proses reservasi selesai, akan berlanjut pada proses pembayaran. Dalam proses pembayaran calon penumpang diberi pilihan membayar dengan uang tunai, dengan kartu ATM Bank yang bekerjasama dengan jaringan Alto atau dengan kartu T-Money dari Telkom. Calon penumpang bisa membayar dengan uang tunai dengan cara memasukkan lembaran uang kedalam lobang nominal uang tunai.

Keberhasilan pembayaran ditandai dengan dicetaknya sebuah resi sebagai tanda bukti pembayaran yang sah di mata hukum. Tahapan selanjutnya, penukaran resi dilakukan di mesin cetak tiket mandiri. Mesin cetak tiket mandiri biasanya terletak tidak jauh dari mesin E-Kiosk.

Tags:
author

Author: