Ini Dia! Janji Presiden Jokowi “Terbaru”

jepang

Jepang~ Satu lagi janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinyatakannya dihadapan pengusaha asing. Janji dimaksud ialah revisi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) bagi tenaga kerja asing di Indonesia. Janji tersebut dinyatakannya di Jepang(24/3).

Ketua Kadin Jepang, Akio Mimura, sebelumnya menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa penerapan KITAS menyulitkan ekspatriat Jepang yang tidak berpendidikan setingkat sarjana untuk bekerja di Indonesia.

Menanggapi keluhan tersebut, Presiden Jokowi pun menyatakan komitmen pemerintah Indonesia.

“Hal-hal yang menghambat seperti itu memang masih ada, tapi komitmen pemerintah kita terus berusaha mengatasinya dan diselesaikan melalui menteri-menteri yang ada di sini,” kata Presiden.

Khusus soal KITAS, Presiden Jokowi berjanji akan segera menyelesaikannya setelah pulang ke Indonesia.

 “Mengenai KITAS, setelah pulang dari Jepang akan kita selesaikan,” papar Presiden Jokowi saat bertemu 28 pemimpin perusahaan setingkat Chief Executive Officer (CEO).

Seperti diwartakan Investor Daily, pada saat pertemuan dengan pengusaha asing tersebut Presiden Jokowi didampingi beberapa pejabat tinggi. Mereka antara lain Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto, dan Dubes RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra.

Sementara itu, pengusaha Jepang yang hadir antara lain Dubes Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki, Chairman Keindaren/Chairman TORAY Sadayuki Sakakibara, Ketua Kamar Dagang dan Industri Jepang (Japan Chamber of Commerce and Industry) yang juga Honorary Chairman of Nippon Steel Sumitomo Metal Akio Mimura, Chairman JETRO Hiroyuki Ishige, Chairman of Indonesia-Japan Economic Committee of Keidanren/Chairman of Teijin Shigeo Ooyagi, dan President Daihatsu Motor Corporation Masanori Mitsui.

Tags:
author

Author: