Ini Dia, Koleksi Terbaru Museum Sydney Australia

hiu

SYDNEY – Pada Bulan Januari lalu oleh seorang nelayan di Green Cape, selatan Kota Eden di pesisir New South Wales tanpa sengaja menangkap seekor Hiu yang berbentuk aneh. Karena bentuk tubuhnya yang aneh dan mengerikan ini Hiu tersebut diberi julukan Hiu Goblin atau “Alien dari laut dalam”.

Hiu goblin banyak ditemukan di lepas pantai Samudera Hindia, Pasifik dan Atlantik. Hiu Goblin memiliki moncong pipih khas yang tertutupi reseptor listrik yang disebut ampullae of Lorenzini, yang memberikan kemampuan bagi hiu goblin untuk merasakan medan listrik yang dihasilkan oleh mangsa terdekat pada kedalaman 300-900 meter.Hiu ini kerap dianggap sebagai fosil hidup karena hiu goblin merupakan satu-satunya anggota dari keluarga hiu Mitsukurinidae yang hidup pada 125 juta tahun yang lalu.

Hiu Goblin tidak seperti Hiu pada umumnya, saat memakan mangsanya ia menggunakan gigi yang bentuknya seperti kuku yang sangat runcing untuk menombak mangsanya. Hiu Goblin ini kemudian didonasikan ke Museum Sydney oleh Michael McMaster dari Akuarium Merimbula. Pihak Museum Australia merasa sangat gembira dapat memamerkan salah satu koleksi terbaru mereka yakni Hiu Goblin.

Manajer Koleksi Ilmu Pengetahuan mengenai Ikan (ichthyology), Mark McGrouther mengakui, bahwa sepanjang hidupnya baru 3 kali melihat hiu goblin sebelum menerima donasi langka tersebut. Ia mengatakan, Hiu Goblin jarang tertangkap nelayan dan karenanya ketika mereka bisa sampai ke museum ini menjadi sangat istimewa.

Tags:
author

Author: