Ini Dia Kuliner Khas Cirebon

empal gentong

Cirebon~ Datang ke Cirebon belum lengkap tanpa mencicipi kelezatan empal gentong. Sepintas, makanan khas Cirebon yang satu ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat). Namun, daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Bumbu untuk membuat empal gentong terbilang komplit. Ada bawang merah, bawang putih, kunyit, merica, dan kemiri. Empal gentong jugabiasa disajikan dengan kucai dan sambal berupa cabai yang telah dikeringkan. Pembeli umumnya akan diberi pilihan, akan menggunakan lontong atau nasi biasa.

Selain empal gentong, kuliner yang sepertinya wajib dicoba ketika berkunjung ke Cirebon adalah sega jamblang. Kuliner khas Cirebon yang satu ini sangat mudah untuk ditemui di Kota Cirebon. Pasalnya, terdapat pedagang sega jamblang yang berkeliling, warung kaki lima di pinggir jalan, dan membuka rumah makan.

Ciri khas dari sega jamblang ialah dibungkus menggunakan daun jati. Konon, tujuan dari penggunaan daun jati ialah agar nasi dapat bertahan lama dan tetap terasa pulen. Daun jati memiliki pori-pori yang dapat membuat nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam jangka waktu lama.

Pada umumnya, penyajian nasi jamblang bersifat prasmanan. Pedagang menggunakan meja rendah yang dikelilingi bangku panjang sebagai tempat duduk pembeli. Beragam lauk disajikan menggunakan wadah-wadah yang masih tradisional.

Penjual akan memberikan nasi yang dibungkus dengan daun jati. Setelah menerima nasi, pembeli bebas mengambil sendiri lauk-pauk sesuai selera. Beragam pilihan lauk yang dapat Anda pilih sebagai teman makan nasi jamblang ialah sambal goreng, paru, semur hati, semur daging, perkedel, sate kentang, telur, ikan asin, tahu, tempe, blakutak, dan otak goreng. Lauk nasi jamblang paling laris manis diserbu pembeli ialah blakutak, yaitu sejenis cumi-cumi yang dimasak bersama tintanya. Meskipun menunya yang ditawartkan beragam, akan tetapi harga masakan ini cukup murah.

Penasaran?

Rate this article!
Tags:
author

Author: