Ini Dia! Kuliner Spesial Asal Lombok

pasar

Lombok~ Siapa bilang Lombok tak punya kuliner lezat? Jika ada yang mengatakan demikian, bisa dipastikan ia belum pernah menyusuri jalanan Kota Lombok yang di kanan kirinya banyak bertebaran tempat makan dengan cita rasa yang khas. Dari sekian makanan khas yang ada, ada beberapa menu spesial yang siap membuat lidah Anda mendari.

Ayam Taliwang

Kuliner yang satu ini sangat populer di Lombok. Ayam taliwang biasa dimasak dengan  digoreng, dipanggang atau dibakar. Semuanya enak, tergantung selera Anda. Selain menggunakan ayam kampung dengan umur ayam yang masih muda, cita rasa ayam ayam taliwang terdapat pada  bumbunya yang super pedas. Penasaran?

Plecing Kangkung
Sesuai namanyam makanan ini terdiri dari kangkung yang direbus plus sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi dan tomat. Sangat cocok untuk Anda yang ogah makan makanan berlemak. Menu kuliner yang satu ini sangat mudah dijumpai di tempat-tempat makan seantero Lombok.

Sate Bulayak
Bulayak merupakan sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau. Bentuknya memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Lontong bulayak nikmat dinikmati dengan sate  sapi yang dilumuri bumbu khas Sasak. Cara makannya pun unik, yakni dengan mencocol bulayak ke bumbu sate yang sudah disediakan. Jadi jangan heran jika penjaja menu ini tak menyediakan garpu atau sendok.

Ares
Seperti plecing kangkung, ares juga sangat cocok untuk penggemar sayur-sayuran. Namun, bahan utama ares  berasal dari pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Meski terbuat dari bahan yang mungkin tak lazim untuk Anda makan, rasa ares sangat lezat. Makanan khas suku Sasak ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang khas.

Rate this article!
Tags:
author

Author: