Ini Dia Tips Keuangan Pribadi di Tahun Kambing Kayu

kambing kayu

Pewartaekbis –Tahun 2015 dinyatakan para pengamat bisnis sebagai tahun Kambing kayu. Karakteristik Tahun Kambing Kayu adalah harus lebih memperhatikan pada aspek-aspek kecil, pasalnya tahun ini identik dengan tahun  prihatin.

Hal itu seperti yang diungkapkan  M. Andoko, perencana keuangan keluarga dan President Director OneShildt Financial Planning, menurutnya keadaan ekonomi harus disiasati dengan saving dan investasi.

Andoko juga memberi tips  jenis investasi yang bisa dijadikan alternatif.

1. Deposito

Menurutnya, untuk investasi jangka panjang, deposito bisa dijadikan sebuah pilihan,” tutur Andoko.

Hal ini dikarenakan pemerintah menaikan suku bunga deposito menjadi 7,75%. Deposito juga disarankan bagi keluarga yang hendak menyekolahkan anaknya ke luar negeri di tahun ini atau berlibur di pengujung tahun.

2. Pasar Modal

Andoko berpendapat pasar modal pun masih menjadi pilihan untuk melakukan investasi pada 2015. Walaupun sempat mengalami penurunan, dipercaya bahwa pasar modal akan kembali stabil.

3. Forex trading

Kurs dolar AS pun bisa dijadikan sebagai investasi karena beberapa waktu terakhir ini nilai tukar mata uang ini naik dikarenakan pasar modal turun.

Selain dolar, emas pun bisa dijadikan pilihan karena kenaikannya mengikuti dolar AS.

4. Bisnis Hobi

Bagi sebagian orang yang memiliki hobi dan bisa dijadikan uang, menurut Andoko, bisa dijadikan sebagai pendapatan tambahan. Misalnya orang yang memiliki hobi mengajar, bisa menjadi alternatif mengajar sebagai pemasukan tambahan.

Jika tidak ada hobi yang spesifik, membuka usaha kecil-kecilan bisa dijadikan sebagai pilihan.

5. Cermat Menabung

Hal yang harus diperhatikan bagi setiap keluarga dan individu, mengantisipasi keadaan ekonomi di Indonesia yang fluktuatif, dana darurat menjadi hal yang penting. Selain itu, tabungan pun harus mulai diketatkan demi mengantisipasi segala jenis risiko yang timbul.

Tags: