Ini Dua Kecamatan yang Menjadi Alternatif Ibu Kota Semarang

sem

UNGARAN – Rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif DPRD Kabupaten Semarang terkait Pemindahan Ibu Kota Kabupaten Semarang akan segera dibahas.

Tahun 2016 ini, wacana pemindahan ibu kota ini telah menemukan dua alternatif. Alternatif lokasi yang diusulkan untuk ibukota Kabupaten Semarang yakni di wilayah Bawen atau Tuntang.

Dilansir dari Kompas.com, Ketua Baleg DPRD Kabupaten Semarang, Kusulistyono, Senin (18/1/2015) mengatakan, hari ini Senin (18/1/2015), penandatangangan kerja sama dengan Bupati terkait prolegda (program legislasi daerah) telah dilakukan.

Dalam berkas kerjasama ini terdiri dari 22 raperda usulan eksekutif dan 4 raperda inisiatif dari legislatif. Dimana di antaranya adalah terkait tentang pemindahan ibukota

Menurut Kusulistyono, pemilihan wilayah Tuntang dan Bawen menjadi alternatif dikarenakan posisinya berada ditengah-tengah di antara 19 kecamatan yang ada. Dengan letaknya yang berada ditengah ini, nantinya masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan administrasi pemerintahan.

“Hanya saja, saat ini di kawasan Bawen maupun Tuntang belum ada lahan milik Pemerintah Kabupaten Semarang yang luasnya memadai serta lokasinya strategis”, ungkap Kulistyono.

Kulistyono berpendapat, jika Bupati dan DPRD sudah sepakat, maka pihak DPRD bisa mencari lahan dengan cara membeli atau menggunakan sistem tukar guling.

Wacana pemindahan ibukota Kabupaten Semarang, dikarenakan Ungaran dipandang tidak lagi representatif sebagai ibukota Kabupaten yang berjuluk Bumi Serasi itu.

Tags:
author

Author: