Ini Kata-kata yang Harus Dihindari Orang Tua Saat Menghadapi Anak

ahok
Pewartaekbis- Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Hal ini dilakukan agar anak-anak menjadi anak yang baik yang membawa kebaikan bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Namun, dalam kenyataanya secara tidak sadar orangtua sendirilah yang menjauhkan anak-anaknya jauh dari impiannya sebagai orangtua.

Oleh karena itu, bagi Anda yang akan atau yang sudah menjadi orang tua sebaiknya jaga perilaku serta ucapan kita sebagai orangtua. Sebab, orang tua adalah contoh dasar pembentukan kepribadian anak. Adapun ada bebwrapa ucapan atau kata-kata yang sebaiknya jangan diucapkan kepada anak-anak, seperti:

1. Anak Nakal
Mengatakan hal-hal negatif kepada anak seperti: pemalas, bodoh, nakal, dll sebaiknya dihindari. Sebaliknya, jika anak mengarah kepada hal negatif orangtua segerakan menunjukkan cara yang positif agar anak termotivasi untuk lebih baik.

2. Jangan Ganggu Aku
“Jangan ganggu, pergi sana. Tidak lihat orang tua sedang sibuk?”, begitulah kira-kira jika Anda merasa terganggu saat mengerjakan pekerjaan penting, dan anak ingin ditemani atau minta bantuan.

Menurut Suzette Haden Elgin PhD., penulis yang juga seorang pelatih bela diri verbal dikutip dari parenting.com, bahwa jika orang tua bertindak seperti itu, anak-anak mungkin merasa tidak berarti karena jika mereka meminta sesuatu pada orang tua mereka, mereka akan diposthu untuk pergi.

Suzette menyarankan, jika memang sedang benar-benar sibuk, coba alihkan perhatian anak-anak untuk melakukan kegiatan lain sebelum kita membantu mereka.

3. Jangan Mengangis
Menangis merupakan ekspresi atau luapan emosi manusia. Jadi, wajar saja jika anak menangis saat bertengkar dengan temannya, merasa kecewa akan sesuatu. Biarkan anak merasakan sedih, saat emosi anak sudah reda minta Ia menceritakan penyebabnya. Dan sebagai orangtua yang bijak, berikanlah empati agar anak mengerti mana sebaiknya apa yang harus dilakukan.

4. Temanmu bisa melakukannya dengan baik, kenapa kamu tidak?
Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda, jadi hindari membanding-bandingkannya dengan yang lain. Daripada membanding-bandingkannya, lebih baik orang tua mendukungnya untuk menyelesaikan permasalahannya dengan baik.

Jadi, pada intinya orang tua akan membentuk kepribadian anak salah satunya melalui kata-katanya. Anak-anak akan menjadi seperti apa yang dikatakan terhadap dirinya.

Tags:
author

Author: