Ini Kata Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Terkait Wacana Merger Bank Syariah

banksari

Jakarta – Pembentukan bank syariah raksasa tengah menjadi wacana pemerintah untuk mempersiapkan bank syariah Indonesia agar mampu bersaing di pasar global. Rencananya pemerintah akan menggabungkan bank dengan unit syariah BUMN. Saat ini, perbankan BUMN memiliki tiga anak usaha syariah, dan satu unit usaha syariah yang rencananya akan dimerger. Mereka adalah PT Bank Syariah Mandiri, PT BNI Syariah, PT BRI Syariah, dan satu unit usaha syariah BTN. Rencana tersebut telah disampaikan oleh Rini Soemarno (Menteri BUMN).

Sebagaimana diberitakan oleh detikFinance, Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Nelson Tampubolon mengatakan, “Ya, sudah pernah disinggung oleh Ibu Menteri, mengenai pemikiran itu dalam suatu pertemuan dengan OJK”.

Lebih lanjut Nelson mengatakan, hal tersebut merupakan wacana yang baik karena semangatnya ingin mempunyai satu bank syariah yang kuat dan berdaya saing, khususnya dalam menghadapi persaingan global. Namun Nelson menambahkan, rencana ini masih perlu didiskusikan lebih lanjut secara detail.

Ia mengatakan, diskusi ini harus dilakukan dengan para pihak terkait, mulai dari pemerintah hingga perbankan BUMN yaitu PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan PT Bank Tabungan Negara (BTN).

Oleh karena itu, Nelson menilai wacana ini masih perlu diskusi yang lebih mendalam, terutama dengan para pemilik dan pihak-pihak terkait, untuk mencapai format yang optimal. Jadi masih tahap awal.

Tags:
author

Author: