Ini Kebutuhan Vitamin K Harian yang Dibutuhkan Tubuh

manusiaJakarta- Vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K jug berperan mengentalkan darah, sehingg K membuat orang mudah memar dan rentan mengalami pendarahan jika terluka.

Dilansir dari Kompas.com, kekurangan vitamin K bisa terjadi saat tubuh tidak dapat menyerap vitamin dari saluran usus dengan benar. Kekurangan vitamin K  ini juga bisa diakibatkan setelah pengobatan antibiotik jangka panjang.

Kebutuhan vitamni K sangat penting dijaga asupannya dari hari ke hari. Kebutuhan vitamin K tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kondisi perorangan. Bagi ibu hamil, menyusui dan orang yang sedang sakit membutuhkan vitamin K dalam jumlah yang lebih banyak.
Berikut ini jumlah asupan vitamin K yang direkomendasaikan oleh Food and Nutrition Board Institute of Medicine.
Pertama, untuk bayi 0 sampai 6 bulan membutuhkan asupan vitamin K sebanyak 2.0 mikrogram perhari (mcg/hari), dan untuk bayi berusia 7 sampai 12 bulan disarankan untuk mendapat asupan vitamin K sebanyak 2.5 mcg/hari.

Kedua, untuk anak-anak ausia 1 sampai 3 tahun membutuhkan asupan vitamin K sebanyak 30 mcg/hari, anak 4 sampai 8 tahun sebanyak 55 mcg/hari, dan anak usia 9 sampai 13 tahun membutuhkan vitamin K 60 mcg/hari.

Berikutnya, untuk remaja dan dewasa membutuhkan asupan vitamin K sebanyak 75 mcg/hari bagi pria dan wanita yang berusia 14 sampai 18 tahun. Sementara untuk wanita  19 tahun ke atas, ibu hamil, serta menyusui sebanyak 90 mcg/hari, dan untuk pria berusia 19 tahun keatas memerlukan 120 mcg/hari.

Tags:
author

Author: