Ini ‘Kesalahan’ Tentara Filipina saat Menyerang Kelompok Abu Sayyaf

ilustrasi

ilustrasi

Jakarta~ Terbunuhnya belasan tentara Filipina saat mencoba menyelamatkan orang-orang yang disandera kelompok Abu Sayyaf mendapat perhatian khusus dari pengamat terorisme. Salah satunya Wawan Purwanto.

Menurut Wawan, pertempuran dengan kelompok Abu Sayyaf di Pulau Basilan beberapa waktu lalu bisa dijadikan gambaran. Sebagaimana diketahui, pulau itu memang markas kelompok Abu Sayyaf.

’’Dengan hanya infantri dan kavaleri, sama saja masuk ke sarang musuh. Kelompok Abu Sayyaf bisa memanfaatkan ketinggian dan menunggu pasukan untuk masuk ke posisi menguntungkan. Dalam keadaan seperti ini, harusnya ada serangan preemptif dengan memanfaatkan armada udara,’’ jelas Wawan.

Wawan juga menyebutkan jika penyerangan tersebut bisa dijadikan tameng bagi militer pemerintah. Selain itu, penyerangan juga bisa menjadi pendongkrak daya tawar bagi pihak yang terkait sandera.

’’Bisa saja mereka mempersulit proses penebusan sandera karena hal ini. Tentu saja, kita harus berdoa yang terbaik agar sandera termasuk 10 WNI bisa selamat,’’ tambahnya seperti diwartakan JPNN.

Tags:
author

Author: