Ini Kisah Polwan Pertama yang Gunakan Jilbab di Australia

jilbab

Australia~ Siapa bilang masyarakat muslimah di Australia tak berani mengenakan hijab? Meskipun minoritas, merka tetap percaya diri mengenakan pakaian tersebut. Kepercayaan diri tersebut antara laindipelopori oleh Maha Sukkar, seorang polisi wanita di Victoria.

Seperti diutarakan Sukkar, pengalamannya saat bertugas mengenakan jilbab memang cukup banyak. Maklumlah, tak sedikit dari masyarakat yang menatapnya dengan tatapan aneh. Bahkan ada yang menanyakan dengan kalimat tak enak.

”Kamu ini apa,” kisah Sukkar menirukan perkataan orang padanya.

”Saya seorang muslimah dan mengenakan jilbab. Kadang saya bercanda dengan mereka kalau saya ini adalah ninja,” lanjutnya dalam sebuah video.

Seperti diwartakan Jawa Pos, Sukkar sudah bertugas sebagai seorang polisi selama 11 tahun. Menurutnya, saat ini keberagaman agama dan kepercayaan di Australia memberi keleluasaan muslimah untuk menggunakan jilbab. Selain dirinya, ada banyak polisi wanita lain yang mengenakan pakaian khas muslimah tersebut.

Ia juga menyatakan, tidak ada perlakukan khusus bagi anggota polisi yang berasal dari kelompok minoritas. Mereka juga tetap bisa menjalankan kewajiban beragamanya seperti yang lain.

”Saya salat lima waktu. saya juga rutin berpuasa. Kepolisian Victoria sangat mengakomodir dengan menyediakan tempat untuk salat, memberikan jilbab dan di bulan Ramadan mereka menyesuaikan jadwal kerja saya. Kami juga membuat acara buka puasa bersama,” kisahnya kemudian.

Tags:
author

Author: