Ini Lima Tari Tradisional Terkenal Asal Kalimantan

tari kalimantan

Pewartaekbis~ Provinsi Kalimantan memiliki berbagai jenis tarian yang sangat menarik untuk dinikmati dan dipelajari. Tarian yang dimaksud antara lain tari Kancet Papatai, tari Kancet Ledo, tari Gantar, tari Hudoq, dan tari Kancet Lasan. Kelima tarian tersebut masih sering diperagakan oleh masyarakat setempat, baik untuk acara formal maupun informal. Berikut ini sekilas tentang lima tarian di Bumi Kalimantan.

Tari Kancet Papatai
Tari Kancet Papatai menarasikan seorang pahlawan Dayak Kenyah yang berperang melawan musuh- musuhnya dengan semangat membara. Oleh sebab itu, wajar jika gerakan tarian ini sangat atraktif dan lincah. Sesekali diiringi juga dengan pekikan si penari yang menandakan gelola semangat pahlawan Dayak.

Sebagai tari perang, penari Tari Kancet Papatai mengenakan pakaian adat Dayak. Berbagai senjata tradisional juga digunakan, seperti Mandau, baju perang, dan perisai. Adapun alat musik yang digunakan ialah sampe khas Kalimantan.

Tari Kancet Ledo
Tari Kancet Ledo juga dikenal dengan sebutan tari Gong. Tarian ini menggambarkan kelembutan gadis Dayak. Tari ini umumnya diperagakan oleh seorang penari saja. Sang penari memeragakan tarian ini di atas gong, sambil membawa semacam kipas yang dibuat dari bulu burung enggang.

Tari Gantar
Tari Gantar menarasikan gerakan orang menanam padi. Tarian asli suku Dayak benuaq dan Tonyooi ini memiliki tiga versi, yakni tari Gantar Rayatn, tari yang satu ini sering ditampilkan untuk menyambut tamu dan acara- acara resi lainnya.

Tari Hudoq
Tari ini merupakan salah satu kesenian yang sangat popular di bumi Kalimantan. Penari Hudoq mengenakan topeng kayu berukuran besar menyerrupai binatang buas, dan rumbai- rumbai dari aneka dedaunan. Konon, pada zaman dahulu tari ini diperagakan untuk mendapatkan kekuatan dalam mengatasi gangguan hama perusak tanaman. Dengan melakukan tarian ini, diharapkan kesuburan akan meliputi ladang sehingga diperoleh panen melimpah.

Tags:
author

Author: