Ini Negara yang Akan Bayar Warganya Untuk Gunakan Toilet Umum

toilet

Ahmedabad: Pemerintahan Kota Ahmedabad (AMC) memutuskan memberi satu rupee atau setara Rp200 per warga yang mau menggunakan toilet umum. Hal ini dikarenakan hingga saat ini masih banyak area terbuka di Ahmedabad yang berbau tidak sedap karena dipenuhi bekas buang air.

Berdasarkan data yang diperoleh UNICEF, hampir 594 juta orang, atau hampir separuh populasi India, kerap buang air di area terbuka. Pasalnya, sebagian besar warga India menilai toilet sebagai sesuatu yang tidak higienis. Mereka meyakini buang air kecil atau besar di area terbuka sebagai sesuatu yang sehat. Namun, kurangnya toilet umum dan berbagai masalah sanitasi lainnya merupakan salah astu pemicu utama terjadinya krisis kesehatan di India. Hal ini juga kerap memicu berbagai penyakit, termasuk diare.

Dilansir dari Mertonews.com, Kepala komite AMC Pravin Patel menegaskan sejumlah warga yang kerap buang air di area terbuka akan “diidentifikasi dan didorong” untuk menggunakan toilet umum. Karena, ide di balik projek ini adalah mencegah tindakan buang air di banyak area terbuka di kota.

Bahkan, di tahun lalu, Patel mengatkan, pemerintah India mengerahkan inspektur khusus untuk memeriksa satu per satu rumah, apakah penghuninya menggunakan toilet atau tidak.

Sementara itu, petugas kesehatan AMC Bhavikk Joshi mengatakan,upaya Dewan Pemerintahan untuk membayar warga yang menggunakan toilet ini rencananya akan di uji coba di 67 toilet umum di seluruh Ahmedabad, yang merupakan kota utama di negara bagian Gujarat tersebut.

“Petugas akan memberikan satu koin untuk satu warga yang menggunakan toilet umum. Jika sukses, projek ini akan diimplementasikan di seluruh 300 toilet umum di Ahmedabad,” tutur Joshi.

Tags:
author

Author: