Ini Penyebab Anda Sering “Lapar” di Malam Hari

makan

Jakarta– Membatasi porsi makan dimalam hari seringkali gagal, karena keinginan kuat untuk ngemil. Padahal baru usai makan beberapa jam sebelumnya. Namun, terkadang rasa lapar ingin makan tak bisa ditahan. Rasa lapar yang tak terpuaskan hanya dengan menyantap makan malam, berujung dengan menghabiskan aneka makanan ringan dimalam hari. Niat  hati membatasi makan malam secukupnya agar tidak menambah berat badan, malah beujung dengan melahap makanan yang dianggap ringan. Namun, dalam kenyataannya justru malah membuat berat badan naik tak terkendali.

Dilansir dari Kompas.com, penelitian dari  Brigham Young University mengungkapkan, keinginan makan  yang meningkat pada malam hari ternyata berkaitan dengan otak. Dalam penelitianya, peneliti melihat aktivitas otak 15 perempuan pada pagi dan malam hari dengan menggunakan MRI ketika diperlihatkan 360 gambar makanan sehat dan makanan berkalori tinggi.

Hasilnya, otak dimalam  hari merespon makanan tinggi kalori lebih baik ketimbang pada pagi hari. Hal ini diakarenakan, otak tidak mendapat kepuasan yang sama dengan banyaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh pada malam hari. Karenanya, otak akan terus mendorong untuk makan pada malam hari meski sudah banyak makanan yang dimakan. Kebiasaan ngemil inilah yang jika terus diturutin akan dapat menambah berat badan

Tags:
author

Author: