Ini Penyebab Matinya Ribuan Ikan Di antai Ancol

ikan

JAKARTA — Puluhan ribu ikan mati terdampar di sepanjang Pantai Ancol, Jakarta Utara pada Senin (1/12/2015) lalu. Saat ini pihak berwenang pun tengah mencari penyebab matinya ikan-ikan tersebut.

Dilansir dari Metronews.com, terkait hal ini, juru bicara Green Peace , Arifsyah Nasution mengatakan pihaknya masih melakuaknn lanjutan atas kejadian ini. Menurut hasil penelitian Greenpeace yang merupakan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang lingkungan global, mengindikasikan ada tiga penyebab.

Pertama, ada kemungkinan saat hujan, air dari sungai-sungai yang tercemar masuk, dan terakumulasi di pantai utara. Dimana beberapa sungai airnya memili kandungan B3. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan ikan kekurangan oksigen.

“Jadi kalau kita lihat, ikan ini tidak bisa bertahan karena perubahan lingkungan yang terlalu cepat,” kata Arifsyah.

Perkiraan kedua, kematian ikan ini karena adanya jenis alga yangbooming dan menyebabkan timbulnya kompetisi untuk mencari oksigen.

Faktor ketiga, adanya tambahan limbah B3 yang berasal dari beberapa industri di kawasan pesisir Jakarta Utara juga menjadi penyebab kematian ikan-ikan ini.

“Karena mereka membuang limbah dan adanya sirkulasi di air laut menyebabkan korban kali ini adalah ikan di Teluk Jakarta,” jelas Arifsyah.

Tags:
author

Author: