Ini Prediksi Arus Mudik 2015 dari Kemenhub

sumber: www.koranperdjoeangan.com

sumber: www.koranperdjoeangan.com

Pewartaekbis~ Sampai berita ini diturunkan belum ada pergerakan pemudik yang cukup berarti dari Jakarta dan kota-kota besar lain di Pulau Jawa. Dari pantauan tim Kementerian Perhubungan (Kemenhub), penambahan kendaraan bermotor di jalan baru berkisar 1–2 persen apabila dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Disebutkan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Kemenhub, Eddi, jumlah pemudik diperkirakan baru mulai merangkak naik besok dan Minggu.

”Meski hanya sekitar 5 persen, kondisi itu akan menjadi pintu pembuka puncak arus mudik yang diperkirakan pada H-3 atau 14 Juli nanti,” sebut Eddi seperti diwartakan JPNN.

Eddi juga menyebutkan jika pada umumnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, pemudik akan mulai tumpah ke jalan setelah jam pulang kerja. Dalam kondisi ini persentase pengguna jalan bisa meningkat hingga 80 persen dari hari-hari sebelumnya.

“Karena tanggal 15 Juli-nya, mereka kan sudah libur. Cuti bersama. Sehingga dari Selasa sore mulai ada pergerakan,” jelas pejabat yang pernah mengepalai Dinas Perhubungan Kota Surabaya itu.

Bersama instansi terkait, Eddi mengaku jika kementerian tempatnya bekerja sudah memperhitungkan dan menyiapkan secara matang lonjakan pengguna jalan saat mudik sehingga tidak akan ada kepanikan.

”Kami juga ada posko-posko pengawasan, pengaturan jalan oleh Polri. Semuanya siap mengawal mudik tahun ini,” pungkasnya.

Tags:
author

Author: