Ini Realisasi Program Sejuta Rumah ala Presiden Jokowi

rumah jogja

Pewartaekbis~ Hingga periode 22 Desember 2015, program sejuta rumah yang digagas Presiden Jokowi  yang sudah terealisasi sebanyak 667.688 unit. Setidaknya, itulah yang disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR) Basuki Hadimuljono.

“Kendala program sejuta rumah, pertama, pembebasan lahan. Untuk itu, kami kerja sama dengan Perumnas, BTN, Pemda untuk penyediaan lahan rumah-rumah itu,” sebutnya dalam paparan satu tahun KemenPUPR di Jakarta (22/12)

Jumlah tersebut menurutnya belum termasuk jumlah rumah yang dibangun oleh pihak swasta. Pasalnya,  data dari Real Estate Indonesia (REI) belum diterima KemenPUPR.

“Data non-MBR yang dari REI belum masuk, mungkin sekitar 200-an ribu. Jadi total keduanya itu mungkin 800-an ribu yang bisa kita catat,” ungkapnya

Sementara itu, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Syarif Burhanudin menjelaskan jika realisasi program tersebut terdiri atas 353.120 unit pembangunan baru untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Adapun peningkatan kualitas sebanyak 76.755 unit. Dengan demikian, total 429.875 unit untuk MBR. Adapun untuk non-MBR KemenPUPR membangun sebanyak 237.793 unit.

Ia juga menyebutkan jika  data dari BTN menunjukkan jika angka kredit rumah murah meningkat. Sementara itu, untuk menengah ke atas jumlahnya menurun.

“Penurunan menengah ke atas karena untuk investasi. Keseluruhan menengah ke bawah meningkat,” imbuh Syarif seperti diwartakan beritasatu.com.

Tags:
author

Author: