Ini Tanda Tubuh Kelebihan Garam

kripik

Jakarta- Saat tubuh kelebihan garam bisa memicu timbulnya penyakit darah tinggi. Namun, selain hipertensi tubuh juga sebenarnya memberi tanda saat kandungan  sodium dalam tubuh berlebihan.

Dilansir dari Kompas.com, Dr.Mehran Movassaghi mengatakan, beberapa tanda tubuh mengalami kelebihan garam adalah setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sodium tinggi, tubuh akan merasa ada ketidakseimbangan antara garam dan air, sehingga mulut terasa kering.

Untuk mengembalikan kondisi normal, otak mengirim sinyal haus dan kita akan membutuhkan lebih banyak konsumsi air.

Kedua, cincin dijari terasa sempit meski tubuh tidak mengalami kenaikan berat badan. Hal ini menurut Dr Mehran dikarenakan tubuh kita adalah mesin yang kompleks yang harus menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit.

Berikutnya, kepala terasa berat. Penelitian menunjukkan, orang dewasa yang mengasup 3.500 mg sodium setiap hari beresiko mengalami sakit kepala tiga kali lebih sering dibanding orang yang mengonsumsi garam separuhnya. Hal ini menunjukkan, orang yang mengonsumsi banyak garam cenderung mengalami sakit kepala walau tekanan darahnya normal.

Kemudian, mereka yang mengalami kelebihan garam dalam tubuh akan sering ke toilet. Hal ini disebabkan ginjal harus bekerja keras mengeluarkan kelebihan garam sehingga pipis pun menjadi lebih sering.

Selanjutnya, konsumsi garam yang berlebih akan menyebabkan tubuh merasa dehidrasi. Sehingga, memicu kemampuan berpikir berkurang.

Rate this article!
Tags:
author

Author: