Ini Target Produksi Padi Indonesia di Tahun 2017

padi

Jakarta~ Di tengah cuaca yang tak menentu, pemerintah menargetkan produksi padi pada 2017 mencapai 77 juta ton. Untuk itu, pemerintah akan melaukan pencetakan sawah baru dan perluasan areal pangan lainnya. Target tersebut meningkat dibandingkan target 2016 yang sekitar 72 juta ton.

“Pada 2017, sektor pertanian diharapkan tumbuh sebesar 3,9 persen dengan target produksi padi sebesar 77 juta ton,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Naisonal (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro di Jakarta, (16/8).

Pemerintah, disebut Bambang, juga akan merehabilitasi dan memperluas jaringan irigasi, rehabilitasi daerah aliran sungai hulu, serta membangun waduk dan embung. Upaya lain, melakukan pengendalian konversi lahan, dan melakukan sertifikasi lahan.

“Pemerintah juga melakukan reformasi subsidi pupuk dan benih, serta masih memberikan bantuan alat dan mesin pertanian,” lanjut Bambang.

Selain itu, pemerintah akan melakukan optimalisasi lahan dan pemulihan kesuburan tanah, memperbaiki statistik pertanian-perikanan, serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pertanian/perikanan.

Seperti diwartakan Kompas, pertumbuhan sektor pertanian ini akan didukung oleh kebijakan yang diarahkan untuk meningkatkan produksi dalam negeri menuju kedaulatan pangan.

Tags:
author

Author: