Ini Temuan Terbaru Dari Lokasi Peradaban Kuno Indus Valley India

 arkelog

New Delhi – Tim arkeologi dari India dan Korea Selatan telah melakukan penggalian di wilayah Hayana sejak tahun 2012 lalu. Baru-baru ini, para arkeolog menemukan empat kerangka tulang di wilayah Hayana yang diyakini sebagai lokasi peninggalan Kuno Indus Valley. Peradaban Indus Valley atau yang juga disebut sebagai peradaban Harappan merupakan kebudayaan urban paling tua yang ada di wilayah tersebut dan diperkirakan mulai ada sejak 5 ribu tahun lalu.

Keempat kerangka temuan yang diduga berusia 5 ribu tahun tersebut ditemukan dalam keadaan masih utuh. Keempat kerangka tersebut ditemukan di pemakaman yang ada di desa tersebut. Bersamaan dengan kerangka-kerangka tersebut, para arkeolog juga menemukan beberapa benda yang menunjukkan bahwa orang-orang kuno di desa ini meyakini adanya reinkarnasi.

Beberapa benda tersebut seperti tembikar yang berisi makanan biji-bijian, dan gelang dari kulit kerang yang terletak di dekat atau di sekitar kerangka manusia tersebut. Keempat kerangka manusia yang ditemukan para arkeolog ini terdiri atas dua kerangka laki-laki, satu kerangka perempuan dan satu kerangka anak-anak.

Malavika Chatterjee yang merupakan salah satu peneliti yang terlibat menyebutkan, bahwa tim arkelog juga menemukan beberapa mainan, yang sebagian besar berbentuk patung binatang yang merupakan karakter mitos. Dalam temuannya, para arkeolog menemukan patung seekor anjing dengan tali kekang. Dimana patung anjing yang dikekang tersebut menunjukkan aspek domestikasi.

Tim arkeolg juga menemukan patung kuda bertanduk, yang memberikan kami kesan soal pola pemikiran mitos para pendahulu tersebut. Dengan adanya temuan ini, aktivitas penggalian yang tersebar di area seluas 20 hektar di distrik Hisar, Haryana, sebelah barat laut New Delhi ini terus berlanjut.

Tags:
author

Author: