Ini yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mudik

mudik

Pewartaekbis- Libur Hari Raya Idul Fitri semakin mendekat. Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki tradisi “Mudik” atau “Pulang Kampung”. Bagi Anda yang merantau tentunya mempersiapkan perjalanan menuju kekampung halaman ini dengan penuh persiapan. Ini beberapa hal yang harus anda persiapkan agar perjalanan mudik aman, nyaman dan tidak membosankan.

Pertama, lakukan packing Minimal 24 jam Sebelum Keberangkatan. Sebaiknya buatlah list barang apa saja yang akan dibawa. Hal ini akan memudahkan anda packing tanpa melupakan hal yang penting seperti tiket, jika Anda menggunakan transportasi umum.

Adapun barang-barang yang perlu Anda bawa adalah: Pakaian, Obat-obatan (P3K), Gadget, Camilan atau makanan dan minuman untuk bekal di jalan, Tas, Dompet, Kaca Mata, uang cash untuk berjaga-jaga, kartu identitas (SIM/KTP/Paspor), dan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Kedua, berangkatlah tepat waktu. Jika anda menggunakan transportasi umum seperti pesawat, Bus, Kereta Api, Kapal Laut, sebaiknya minimal hadir 2 jam sebelum jam keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko ketinggalan keberangkatan dan membuat perjalanan anda lebih tenang.

Ketiga, jika menggunakan transportasi sendiri jangan lupa SIM dan STNK atau Kartu Identitas (KTP), dan helm bagi pengguna motor.
Keempat, perhatikan dan cek menyeluruh kondisi kendaraan yang akan anda bawa saat mudik. Bawalah juga alat – alat bengkel standart untuk berjaga-jaga jika terjadi mogok tiba-tiba.  Resiko kecelakaan selain dari kondisi mobil, alam , bisa juga disebabkan oleh pemilik kendaraan sendiri atau yang membawa kendaraan.

Keempat, bagi yang melakukan perjalanan darat yang jauh ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, hindari menkonsumsi miuman beralkohol yang akan mengakibatkan resiko kecelakan terjadi istirahat yang cukup. Semoga perjalanan mudik anda menyenangkan.

Tags:
author

Author: