Jajan Sembarangan, Puluhan Siswa SD Keracunan

jajan

Wonogiri~ Berita duka datang dari Kabupaten Wonogiri. Diduga akibat jajan es tiktok, puluhan siswa di tiga sekolah dasar (SD) Kecamatan Eomoko, Wonogiri, mengalami keracunan missal. Mereka mengalami muntah- muntah, mual, diare dan pusing.

Meski tak ada korban jiwa, kejadian yang menimpa murid -murid SD 2 dan SD 3 di Desa Pucung, serta SD 1 di Desa Pasekan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri ini membuat panik masyarakat. Oleh sebab itu, peristiwa ini disebut sebagai kejadian luar biasa muntah berak atau KLB muntaber.

”Kepala sekolah dan guru kaget, karena mendapati banyak muridnya yang tidak masuk,” ujar Camat Danang Erwanto siang tadi (6/11).

Berdasarkan pemaparan Kepala Desa Pucung, di Desa Pucung tak kurang 43 murid SD yang mengalami keracunan.  Jumlah tersebut meliputi  27 murid dari SD 2 Pucung dan 16 siswa dari SD 3 Pucung.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri menyatakan jika jumlah siswa yang mengalami keracunan masal mencapai 89 siswa. Oleh sebab itu, lembaga ini langsung menurun tim khusus untuk melakukan penyelidikan.

”Kami telah menurunkan tim dari kabupaten bersama Puskesmas Eromoko, untuk melakukan penyelidikan ke lokasi,” ungkap dokter Widodo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten  Wonogiri.

Kini sebagian besar anak anak yang mengalami keracunan masal dirawat di beberapa instansi kesehatan di Wonogiri. Instansi dimaksud yakni Unit Rawat Inap Puskesmas Kecamatan Wuryantoro, RS Mulya Darma Eromoko, RSUD Wonogiri dan RS Astrini Wonogiri. Setelah mendapatkan perawatan, sejumlah siswa telah diizinkan pulang karena kondisinya telah membaik. Meski demikian, korban keracunan diimbau untuk teak bersekolah dulu hingga kondisi tubuhnya benar-benar stabil.

Tags:
author

Author: