Jamaah Haji Banyak yang Wafat di Rumah Sakit

haji

MAKKAH – Berdasarkan laporan Kabid Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Eka Yusuf Singka, jamaah wafat hingga kini mencapai 71 orang. Berdasarkan jumlah ini, sebagian besar wafat di rumah sakit Arab Saudi.

“Jamaah paling banyak wafat di rumah sakit Saudi,” sebut Eka saat melakukan pertemuan dengan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (7/9).

Menurut data per 6 September,  jamaah wafat mencapai 71 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 35 jamaah wafat di rumah sakit (RS) Arab Saudi yakni 17 di Madinah dan 18 di Makkah. Selebihnya,  wafat di pemondokan, masjid, KKHI, perjalanan, pesawat dan sektor.

Eka menuturkan jika total jamaah yang wafat hingga hari ini lebih kecil dibandingkan dengan jumlah jamaah wafat tahun lalu. Untuk diketahui, pada 2015   jumlah jamaah wafat mencapai 117 jamaah dengan jumlah jamaah risiko tinggi (risti) 61 persen.

Dijelaskan juga oleh  Eka,  jumlah jamaah yang melakukan kunjungan kesehatan sebanyak 134.667 jamaah.

 “Jumlah kunjungan kesehatan tersebut tinggi karena seseorang bisa saja berobat dua atau tiga kali. Kami pun tetap melayani PIHK (haji khusus) yang memang dirujuk ke sektor atau KKHI karena memang secara etika kedokteran kami harus melayani,” tandasnya seperti diwartakan republika.co.id.

Tags:
author

Author: