Janji Kapolri, Dugaan Penistaan Agama Oleh Megawati Soekarno Putri Akan Diproses

polri

Jakarta – Tak hanya Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama yang bakal berhadapan dengan hukum terkait kasus dugaan penodaan agama. Beberapa waktu lalu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, juga dilaporkan untuk dugaan kasus penodaan agama.

Menurut Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pihak kepolisian akan memproses aduan yang dilakukan oleh LSM Aliansi Anak Bangsa Gerakan Anti-Penodaan Agama ini.

“Kami setiap laporan pasti akan lakukan langkah penyelidikan. Penyelidikan upaya yang dilakukan oleh kepolisian untuk mencari dan menemukan apakah suatu peristiwa adalah pidana atau bukan,” sebutnya di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (25/1).

Apabila terbukti ada unsur penodaan agama, Bareskrim Polri ditegaskannya akan menaikkan statusnya ke penyidikan. Polisi juga akan mengajukan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Agung.

“Penyidikan untuk menemukan tersangka dan mengajukan ke kejaksaan. Kami setiap menerima laporan tahap pertama lidik. Kalau dalam penyelidikan ini ditemukan bukti-bukti bisa dinaikkan ke penyidikan, ya naik ke penyidikan,” imbuhnya.

Namun, ia mengaku belum bisa berkomentar terkait tindakan hukum kepada Megawati karena proses hukumnya tengah berjalan.

“Kalau dalam proses lidik tidak ditemukan bukti yang dapat dinaikkan ke penyidikan, maka lidik dihentikan sampai di sana. Sekali lagi, kami lakukan lidik untuk menentukan apakah yang dilaporkan pelapor itu ada indikasi pidana atau tidak,” pungkasnya seperti diwartakan JPNN.

Tags:
author

Author: