Januari 2017 Harga Solar Akan Naik?

BBm turun harga

Jakarta – Nampaknya akan ada kenaikan harga bahan bakar minyak awal tahun depan. Sebagaimana diwartakan JPNN, kenaikan harga minyak mentah membuat pemerintah harus kembali melakukan penghitungan.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Ditjen Migas Kementerian ESDM, Setyorini Tri Hutami, hingga berita ini diturunkan belum bersedia menyebutkan BBM bersubsidi jenis solar atau premium yang harganya akan naik. Hal itu karena belum ada putusan final dari pemerintah.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang memproyeksi potensi kenaikan harga BBM bisa mencapai Rp 500 per liter. Adapun solar disebut sebagai bahan bakar yang harganya mungkin akan dinaikkan.

Disebutkan juga jika kenaikan solar semenstinya sudah terjadi sejak bulan Oktober lalu. Namun, pemerintah menunda kenaikan tersebut. Alasannya, Pertamina masih mampu menutupi kerugian dengan laba hasil penjualan solar pada bulan-bulan sebelumnya.

’’Solar itu sebenarnya rugi pada Oktober. Tapi, kami tidak mau naikkan karena masih punya untung untuk solar,’’ ungkap Ahmad.

Sementara itu, saat ini laba dari penjualan solar tidak bisa lagi digeser untuk menutupi kekurangan subsidi BBM.

’’Nah, Januari kan sudah beda tahun. Tidak bisa digeser kan? Jadi, harus start. Pasti agak besar kenaikannya,’’ ujarnya.

Meski demikian, Ahmad menyebut jika Pertamina masih menanti kebijakan pemerintah untuk kenaikan harga BBM pada tahun depan.

’’Pemerintah berani tidak menaikkan harga mengikuti harga minyak pada awal tahun baru. Tabungan laba Pertamina sudah tidak bisa dipakai buat tahun depan,’’ tandasnya.

Rate this article!
Tags:
author

Author: